Tim Pramuka MandaPro Exist mengadakan Perkemahan Bantara yang diikuti oleh Dewan Ambalan

Event

MandaProExist – Perkemahan Bantara merupakan salah satu kegiatan yang amat dinanti oleh siswa-siswi MAN 2 Kota Probolinggo yang mengikuti Dewan Ambalan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 16-18 Desember 2022 yang diikuti oleh setidaknya 50 siswa dari kelas 10, 11 hingga 12.

Tema yang diusung kali ini ialah “Kita Hebat, Kita Pramuka!” Untuk susunan kepanitiaannya sendiri meliputi kelas 11 dan 12 serta panitia pendukung dari PMR dan Jurnalistik MAN 2 Kota Probolinggo.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program kerja tahunan Dewan Ambalan MAN 2 Kota Probolinggo yang bertempat di dua lokasi, yakni pantai permata pilang dan MAN 2 Kota Probolinggo.

Terdapat 2 agenda kegiatan utama yaitu, kegiatan penempuhan brivet dan penempuhan lencana penegak bantara, kegiatan penjelajahan sendiri menempuh   jarak sekitar 15 km. Pada kegiatan ini juga terdapat beberapa kendala, antara lain cuaca yang tidak labil dan area yang digunakan sedang mengalami perbaikan sehingga akses jalan sedikit terhambat.

Untuk kelancaran acara, para CDA perlu mempersiapkan diri mereka, seperti persiapan fisik mengingat jarak yang ditempuh lumayan jauh. Dan untuk para CDA yang tidak bisa mengikuti kegiatan pada tahun ini, maka diwajibkan untuk melaksanakannya tahun depan bersama CDA yang baru.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menaikkan tingkatan seorang penegak. Selain itu, kegiatan Perkemahan Bantara telah dipersiapkan sebaik mungkin sehingga juga dapat melatih mental, fisik, cara bekerja sama, kemandirian dan juga bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah tanpa menimbulkan masalah yang baru.

Materi yang diberikan selama kegiatan ada 2, yakni materi Penegak Bantara dan materi Penanganan Gawat Darurat. Kegiatan ini juga diharapkan mampu untuk menanamkan nilai-nilai baik kepada seluruh peserta seperti menjadi pribadi yang mandiri, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, dapat bekerja sama dalam menyelesaikan sebuah masalah, melatih fisik dan mental seluruh peserta sebagai bekal mereka menjalankan sebuah organisasi untuk kedepannya.

“Saya selaku ketua pelaksana merasa sangat senang karena acara dapat berjalan sesuai target walaupun terdapat beberapa kendala-kendala. Saya sangat ber-terimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat karena juga berperan penting dalam berjalannya acara dalam kegiatan ini,” Pungkas Siti Fatimah selaku ketua pelaksana kegiatan Perkemahan Bantara.

“Saya merasa enjoy dan menikmati kegiatan walaupun ada beberapa momen yang bikin kesel sm kakak-kakak dewannya,” Tutur salah satu peserta Perkemahan Bantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.